Seringkali saat melakukan service
pada Vespa Anda, ada sesuatu hal yang tidak terduga sehingga menimbulkan
tambahan biaya yang cukup besar, padahal hal tersebut sangat spele tetapi
tingkat pengerjaan & kesulitan lumayan berat.
Sebagian besar pecinta Vespa pernah
mengalami hal seperti itu, ketika Anda sedang melakukan service besar misalnya
membersihkan seher yang harus membuka ke 4 baut tanam pada block dan memasangnya
kembali. Apa yang terjadi bila salah satu lobang baut/drat ada yang
aus/slek..???.
Beberapa alternatif yang Anda lakukan adalah :
Alternatif pertama adalah turun mesin & bawa ke tukang bubut untuk membuat drat lobang baut
baru, ini memerlukan biaya dan waktu.
Alternatif kedua menggati dengan baut yang
lebih besar dengan melakukan snai lobang drat yang aus tadi, tetapi baut menjadi tidak
standard dengan baut aslinya,
Alternatif ke tiga adalah cara praktis dan kasar yaitu
dengan penempa baut blok sampai gepeng fungsinya lebih mengikat pada lobang
drat, tetapi kekuatannya hanya untuk sementara saja / tidak bertahan lama.
Permasalahan tersebut diatas, bisa
dilakukan sendiri tanpa turun mesin dan tetap menggunakan baut orisinilnya.
Adapun peralatan dan bahan yang digunakan terperinci sebagai berikut :
1. Tap/Snai ukuran baut 11 dan baut 14
2. Gergaji besi
3. Bor listrik
4. Catok
5. Lem besi campur (dexton)
6. Baut 14 panjang 25mm
Langkah pengerjaannya sebagai berikut
:
Tap/Snai pada baut 14, gunakan bahan baut yang bagus. Bila ini tidak bisa dilakukan bisa di
buatkan di tukang bubut.
Buka baut blok yang slek/aus
Tap/Snai juga pada lobang baut block dengan ukuran baut 14 tadi,
usahakan pelan, rapi dan rata/lurus, karena berpengaruh pada saat pemasangan
nantinya.
Pasang baut buatan dan jangan lupa beri lem besi pada saat memasang. Ini juga harus hati-hati berdasarkan pengalaman bisa patah kalo pemasangannya ceroboh
Gergaji baut buatan rata dengan block mesin
Pasang kembali baut blok aslinya
Selesai Smoga bermanfaat dan Selamat Mencoba
Catatan : Sebagai stok/persediaan
buatlah baut tap tadi beberapa picies, di tukang bubut, juga bisa untuk menolong secooterist yang membutuhkannya.
3 komentar:
Most importantly else, Scooterpartsco.com is controlled by fans. We are rapid Scooterists who ride for all intents and purposes reliably. Scooterpartsco.com started at the end of the day a Vespa Starter Motor. We run an amazingly clamoring bicycle repair shop and when the adjacent Vespa trader squeezed it in, we started getting most of the Vespa organization. We understand why Vespa parts are so excessive in the US. We give choices in vespa parts, malossi parts, malossi vespa parts, honda forza, honda pcx, yamaha smax, yamaha eminence, suzuki burgman and execution bicycle parts.
drat" rengkes yang udah selek.As roda kena , rumah klaher kruk as sebelah kanan udah longgar , baut pembuangan sama masukin oli mesin selek ,Drat baut tanem blok udah oversieze semua
Sekitar berapa dananya ya buat benerin mohon bantuannya Om
drat" rengkes yang udah selek.As roda kena , rumah klaher kruk as sebelah kanan udah longgar , baut pembuangan sama masukin oli mesin selek ,Drat baut tanem blok udah oversieze semua
Sekitar berapa dananya ya buat benerin mohon bantuannya Om
Posting Komentar