23.15

MEMPERBAIKI REFLEKTOR VESPA

Diposkan oleh oniX |

Reflektor adalah sebuah alat yang memantulkan cahaya, suara atau radiasi elektro-magnetis. Reflektor yang memantulkan cahaya sering disebut pula mata kucing. Sebuah reflektor yang memantulkan cahaya terdiri dari beberapa benda mirip cermin yang ditata menurut beberapa sudut tertentu.

Jangankan lampu lawas dengan umur pakai puluhan tahun, terkadang lampu keluaran tahun anyar sekalipun sering mengalami hal ini. Lampu utama (head lamp) atau lampu belakang (tail lamp) berubah fungsi menjadi redup dan tidak fokus lantaran reflektornya di dalam rumah lampu sudah berlumut atau usang.

Untuk memaksimalkan kondisi reflektor yang sudah usang dengan biaya yang relatif murah dan bahan yang mudah didapat Gue mencoba untuk mereparasi (tanpa crom) reflektor tersebut.

Adapun cara pembuatan, peralatan dah bahan yang digunakan terperinci sebagai berikut :

Peralatan :

1. Gunting
2. Mistar Besi
3. Pencil

Bahan :

1. Reflektor Lampu Listrik (down light) stainless harga bekas kisaran Rp. 10.000
2. Lem
3. Jepitan Buku


Cara pembuatan :


Siapkan reflektor yang akan di perbaiki, rapikan baian yang rusak/retak tambal dengan menggunakan Lem besi seperti gambar dibawah ini :



Gunting bagian reflektor lampu bekas sesuai dengan ukuran/cetakan yang akan dibuat seperti pada gambar dibawah ini :




Apabila ada sambungan, ukur setiap potongan sesuai dengan ukuran untuk menghasilkan garis sambungan yang rapi. Untuk membuat lekukan pakailah kain kemudian letakan pada reflektor yang akan dilapisi, tekan dengan tangan pada guntingan reflektor tersebut dan hasilnya seperti pada gambar :

















Gunakan lem yang rapi dari setiap potongan diatas, reflektor siap dipasang kembali.




Semoga bermanfaat.

Salam

oniX

2 komentar:

King's Blues Scooter Palembang mengatakan...

solusi yang bagus buat scooter lawas

Plered Vespa Club mengatakan...

mantap gan sangat bermanfaat sekali bagi saya yang awan terhadap vespa kalo ada waktu maen ya di blog ane di http://pleredvespaclub.com

Poskan Komentar

Download PDF