Seperti halnya Platina, Busi juga sangat berperan dalam motor (dlam hal ini Scooter).
Pada gambar diatas Isulator terlihat coklat atau keabu-abuan hanya sedikit terdapat bekas pembakaran yang menutupi electroda-electrodanya.
KOTORAN OLEH KARBON (CARBON FOULING)
Insulator dan elektroda tertutup oleh lapisan serbuk karbon kering berwarna hitam.
Kondisi Mesin Mesin susah dihidupkan, mesin tidak stabil pada kecepatan rendah. Penambahan kecepatan tidak bekerja lagi, dan terjadi mesin mati
Penyebab :
- Kesalahan pemakaian nomor tingkat panas busi.
- Campuran bahan berlebihan (Carburator banjir).
- Saringan udara tersumbat (kotor).
- Bahan bakar tidak baik mutunya.
- Terlalu lama dipakai pada kecepatan rendah.
- Cuk tidak pada posisi off
- Kelambatan pada waktu penyalaan
- Gantilah busi dengan nomor tingkat panas busi yang setingkat lebih panas (nomor kecil)
- Diperlukan perbaikan (service).
- Penggunaan bahan bakar yang baik
KOTORAN OLEH OLIE (OIL FOULING)
Basah oleh olie yang melapisi permukaan insulator dan elektroda. Kelihatan hitam dan basah.
- Kerusakan pada piston ring (piston ring aus) atau renggangnya klep tidak tepat.
- Campuran gas bensin dan udara berlebihan (terlalu banyak bensin)
- Pada mesin 2 tak, campuran oli terlalu banyak/melebihi pemakaian standar.
- Mesin baru saja turun mesin (overhaul) dimana pada waktu pemasangan bagian mesin menggunakan banyak olie
- Ganti/perbaiki bagian mesin yang sudah auks/rusak.
- Stel/bersihkan karburator.
- Gantilah busi dengan nomor tingkat panas busi yang setingkat lebih panas (nomor kecil)
- Pada mesin 2 tak, stel pompa oli sesuai dengan standar
KOTORAN OLEH TIMAH HITAM
Insulator berwarna kuning juga coklat
Penyebab :
Bensin di Indonesia dicampur dengan senyawa timah hitam. Bekas pembakaran senyawa ini, menempel pada ujung busi. Bila kendaraan akselerasi atau dengan kecepatan tinggi, senyawa itu akan meleleh sehingga menimbulkan kebocoran listrik dan kegagalan pembakaran.
Cara Perbaikan :
- Gantilah busi dengan nomor tingkat panas busi yang setingkat lebih panas (nomor kecil)
- Pergunakan bensin premium
- Jangan mengemudi dengan kecepatan rendah terlalu lama
KOTORAN OLEH ENDAPAN (DEPOSIT FOULING)
Kondisi mesin terasa ada gangguan pembakaran pada waktu menambah kecepatan atau pada waktu kecepatan tinggi.
Penyebab :
- Oli yang dipakai kurang baik mutunya.
- Saringan udara tidak ada (dilepas).
- Untuk mesin 4 tak, oli mesin naik ke ruang bakar (piston & piston ring aus).
Cara Perbaikan :
- Perbaiki/ganti bagian yang rusak.
- Perbaiki/ganti saringan udara.
- Pergunakanlah olie yang bermutu baik dan campuran yang tepat
PANAS BERLEBIHAN (OVER HEATING)
Bagian insulator berwarna putih pucat dan elektroda-elektrodanya terbakar berwarna keungu-unguan serta terlihat aus. Bila kondisi ini diteruskan, ujung-ujung elektrodanya dapat meleleh.
Tenaga mesin menjadi hilang dan kecepatanpun berkurang. Hal ini timbul apabila dalam kecepatan tinggi, pendakian yang lam atau dengan muatan yang berat. Bila elektroda busi sudah meleleh, pistonpun dapat menjadi rusak (berlubang).
Penyebab :
- Kekeliruan memilih nomor tingkat panas busi.
- Waktu penyalaan (ignition timing) terlalu cepat.
- Sistim pendinginan kurang baik.
- Campuran gas bensin dan udara terlalu tipis (terlalu banyak udara).
Cara Perbaikan :
- Pergunakanlah busi dengan nomor tingkat panas busi (heat range) yang setingkat lebih dingin.
- .Sesuaikanlah waktu pengapian (ignition -> timing).
- Periksa/perbaiki sistim pendinginan
- Stel dan bersihkan karburator.
Salam
Onix
3 komentar:
Kalo nomer busi itu artinya apa ya omm.
Trus baiknya kalo vespa special tu pake busi apa?
Makasih
Anton
anton_ce97@yahoo.com
http://t4keprofit.blogspot.com
Dear Bro Onix
yA sAMA ..sAya Juga Ga Tau Apa Itu Nomer Busi..
Saya Tau nya Busi Pala Pendek Sama Pala Panjang..Tu Beda Nya Apa Bro..
Regards
Adie
juragannya_vespa@yahoo.com
Nomer busi artinya adalah Nomer yang tertera pada busi.
Posting Komentar