21.57

PERAWATAN RINGAN & RUTIN PADA VESPA

Diposting oleh oniX |

Pada umumnya sebagian banyak orang berpendapat bahwasannya Vespa terkenal dengan mogoknya. Tapi mogoknya Vespa masih mending dibanding dengan motor lainnya karena masih tetap ada brotherhood yang ikhlas untuk menolong, itu yang patut diacungi jempol. Mereka tidak pandang bulu, aliran, tua, muda yang penting Vespa.

Untuk itu dan menjadi kewajiban untuk mengatasi agar Vespa yang kita bawa lancar & tidak ada masalah alangkah baiknya merawat kendaraan yang kita cintai ini. Baik tool dan sparepart yang consumable (yang sering diganti). Tools untuk dibawa hanya yang diperlukan saja,begitu juga spare part consumable.

Beberapa hal mengenai perawatan Vespa secara rutin sangatlah di perlukan untuk menjaga kesetabilan dan kesempurnaan dari kendaraan yang kita pergunakan sehari hari. Adapun perawatan ringan itu meliputi :


1. Perawatan Pada Bagian Ruang Bakar

Kerak hasil pembakaran yang menempel pada kepala piston, kepala Silinder secara periodik haruslah dilakukan pembersihan (tidak terlalu sering) disesuaikan dengan jangka waktu tempuh atau lamanya pemakaian. Kerak yang menempel pada bagian ini dapat mengurangi kesempurnaan dari mesin itu sendiri seperti susah di starter, busi cepat kotor dll.


2. Busi

Fungsi dari busi adalah menahasilkan bunga api diantara celah kedua elektroda busi. Beberapa factor yang menyebabkan bunga api lemah / berwarna merah atau tidak terjadi loncatan bunga api bisa disebabkan busi kotor akibat kerak hasil pembakaran atau bagian system pengapian pada motor lemah.

Bisa di lihat pada pembahasan KONDISI BUSI & PERAWATAN


3. Karburator

Pada mesin Konvensional karburator memegang peranan penting. Fungsi karburator adalah untuk menghasilkan campuran bensin dan udara hingga berupa kabut, dengan maksud agar bahan bakar mudah dinyalakan oleh busi. Perbandingan campuran bahan bakar dan udara sesuai dengan keperluan pada berbagai keadaan kerja mesin.

Bersihkan saringan udara pada karburator dengan menggunakan minyak tanah / bensin dan semprot dengan kompresor untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada saringan udara. Saringan udara yang kotor akan menghambat aliran udara yang berpengaruh kepada pemakaian bahan bakar menjadi boros.

Komponen-komponen utama karburator perlu diperhatikan, saluran-saluran bensin dan saluran udara harus bersih dari kotoran sekecil apapun. Cucilah bagian-bagian karburator dengan menggunakan bensin dan tiup saluran-saluran bensin dan udara. Jangan sekali-kali membersihkan lubang jet dengan kawat atau alat lain yang akan merusak.

Pemasangan karburator harus diperhatikan kekencangan dari baut karena akan mengakibatkan kebocoran bensin, terutama pada tutup pelampung.


4. Membersihkan Keran Bensin

Perlu diperhatikan saat membuka tangki bensin, karena ada type yang mempunyai sistem pencampuran oli secara otomatis, maka terdapat 2 tangki yaitu tangki bensin dan tangki oli. Gunakan kunci kran bensin dan lepaskan bagian-bagian keran bensin.


Cuci dan bersihkan tangki dengan bensin agar kotoran terbuang, untuk saluran keran bensin rendam dengan bensin dan bersihkan.


Apabila anda seorang vespamania tentulah sering melakukan perawatan ringan ini secara rutin

Semoga bermanfaat

Salam

oniX

7 komentar:

ridobrown mengatakan...

mantabb bro.. keep posting... btw alamat blog ane dah ganti karena di blokir oleh robot blogspot.. jadi tolong nt ganti di vespamaker link:
ridobrown.blogspot.com menjadi ridobrown.wordpress.com

Sami Kalamallah mengatakan...

gan gua tuh lagi bersihin karburator.. nah waktu sesudah di pasangin ternyata malah gas nyala vespanya -_-

Izza AD mengatakan...

thanks a lot.

kingkong mengatakan...

thanks Bray Infonya !!!

www.bisnistiket.co.id

Herry jonson mengatakan...

Looking for vespa parts, we provide the original and guaranteed material about parts related vespa. Here are available all options related to malossi parts and Honda forza or yamaha smax.

Kevin Kieranazhawa mengatakan...

Mur ukuran brpa yah yg dalam tangki bensin...?

Kevin Kieranazhawa mengatakan...

Mur ukuran brpa yah yg dalam tangki bensin...?

Posting Komentar

Download PDF