17.46

MENGGANTI BAUT TANAM PADA BLOCK VESPA

Diposting oleh oniX |


Salam Maker

Seringkali saat melakukan service pada Vespa Anda, ada sesuatu hal yang tidak terduga sehingga menimbulkan tambahan biaya yang cukup besar, padahal hal tersebut sangat spele tetapi tingkat pengerjaan & kesulitan lumayan berat.

Sebagian besar pecinta Vespa pernah mengalami hal seperti itu, ketika Anda sedang melakukan service besar misalnya membersihkan seher yang harus membuka ke 4 baut tanam pada block dan memasangnya kembali. Apa yang terjadi bila salah satu lobang baut/drat ada yang aus/slek..???.  




Beberapa alternatif yang Anda lakukan adalah : 

Alternatif pertama adalah turun mesin & bawa ke tukang bubut untuk membuat drat lobang baut baru, ini memerlukan biaya dan waktu.

Alternatif kedua menggati dengan baut yang lebih besar dengan melakukan snai lobang drat yang aus tadi, tetapi baut menjadi tidak standard dengan baut aslinya, 

Alternatif ke tiga adalah cara praktis dan kasar yaitu dengan penempa baut blok sampai gepeng fungsinya lebih mengikat pada lobang drat, tetapi kekuatannya hanya untuk sementara saja / tidak bertahan lama.


Permasalahan tersebut diatas, bisa dilakukan sendiri tanpa turun mesin dan tetap menggunakan baut orisinilnya. Adapun peralatan dan bahan yang digunakan terperinci sebagai berikut :

1. Tap/Snai ukuran baut 11 dan baut 14
2. Gergaji besi
3. Bor listrik
4. Catok
5. Lem besi campur (dexton)
6. Baut 14 panjang 25mm

Langkah pengerjaannya sebagai berikut :

Tap/Snai pada baut 14, gunakan bahan baut yang bagus.  Bila ini tidak bisa dilakukan bisa di buatkan di tukang bubut.






Buka baut blok yang slek/aus





Tap/Snai juga pada lobang baut block dengan ukuran baut 14 tadi, usahakan pelan, rapi dan rata/lurus, karena berpengaruh pada saat pemasangan nantinya.






Pasang baut buatan dan jangan lupa beri lem besi pada saat memasang. Ini juga harus hati-hati berdasarkan pengalaman bisa patah kalo pemasangannya ceroboh






Gergaji baut buatan rata dengan block mesin






Pasang kembali baut blok aslinya





Selesai Smoga bermanfaat dan Selamat Mencoba



Catatan : Sebagai stok/persediaan buatlah baut tap tadi beberapa picies, di tukang bubut, juga bisa untuk menolong secooterist yang membutuhkannya.


4 komentar:

Ryan Septian mengatakan...

mantap gan

Croose Hackle mengatakan...

Most importantly else, Scooterpartsco.com is controlled by fans. We are rapid Scooterists who ride for all intents and purposes reliably. Scooterpartsco.com started at the end of the day a Vespa Starter Motor. We run an amazingly clamoring bicycle repair shop and when the adjacent Vespa trader squeezed it in, we started getting most of the Vespa organization. We understand why Vespa parts are so excessive in the US. We give choices in vespa parts, malossi parts, malossi vespa parts, honda forza, honda pcx, yamaha smax, yamaha eminence, suzuki burgman and execution bicycle parts.

firas marzuq mengatakan...

drat" rengkes yang udah selek.As roda kena , rumah klaher kruk as sebelah kanan udah longgar , baut pembuangan sama masukin oli mesin selek ,Drat baut tanem blok udah oversieze semua
Sekitar berapa dananya ya buat benerin mohon bantuannya Om

firas marzuq mengatakan...

drat" rengkes yang udah selek.As roda kena , rumah klaher kruk as sebelah kanan udah longgar , baut pembuangan sama masukin oli mesin selek ,Drat baut tanem blok udah oversieze semua
Sekitar berapa dananya ya buat benerin mohon bantuannya Om

Posting Komentar

Download PDF